Ujung Kulon

Wisata Tanjung Lesung Banten

Wisata Tanjung Lesung yang berlokasi di Banten. Wisata pantai di provinsi ini bisa dikatakan sebagai salah satu dari objek tujuan wisata yang ada di Banten. Dulunya di Banten dikenal sebagai wilayah yang memiliki pelabuhan paling strategis sebagai tempat berlabuhnya pelaut yang berasal dari berbagai Negara.

Selain itu, juga ada pantai-pantai tidak dekat dari keramaian kota sehingaterlihat seperti surga tersembunyi. Masyarakat dari penjuru kota-kota besar di Banten atau dari luar provinsi Banten ramai yang berbondong-bondong berkunjung merasakan keindahan pantai Banten.

Di pantai itu, terbagi menjadi beberapa. Ada pantai di bagian barat & ada juga di bagian selatan. Pantai di Banten selatan lebih dikenal dengan keindahannya dan juga gelombang besar khas pantai selatan. Tetapi jaraknya cukup jauh dari kota-kota besar serta aksesnya yang cukup sulit.

Di sisi lain, pantai bagian Banten barat dikenal lantaran gelombangnya yang tak terlalu besar tapi keindahannya bisa bersaing dengan pantai di bagian selatan. Nilai tambahnya, pantai di bagian barat jaraknya tak begitu jauh. tidak seperti pantai dibagian selatan .

Dan juga aksesnya lebih mudah untuk didatangi. Sehingga, warga kota-kota besar yang mencari-cari tempat wisata dari kepenatan aktivitas sejenak dapat dengan mudah jalan-jalan kesana.

Bagi kamu penggila wisata pantai pastinya tidak akan asing dengan nama-nama pantai yang ada di bagian barat Banten. Katakan saja,pantai Anyer, pantai Carita, pantai Karang Bolong. Ada juga wisata pantai di bagian barat Banten yang cukup dikenal namun lumayan jauh lokasinya yaitu pantai Tanjung Lesung.

Ya, pantai Tanjung Lesung ini dikatakan pemandangannya dapat menyamai Bali dan Lombok. Salah satu pantai paling indah yang terletak di provinsi Banten. Pantai Tanjung Lesung tempatnya berada di desa Tanjung Jaya kecamatan Panimbang kabupaten Pandeglang provinsi Banten. Letaknya terletak di sebelah barat kabupaten Pandeglang dan memiliki luas sekitar 150 Ha.

Sampai di Tanjung Lesung kamu akan dipungut biaya tiket masuk sebesar Rp 20.000. Di pantai Tanjung Lesung ini kamu akan dimanjakan dengan panorama hamparan pasir putih yang menghampar luas dan udara laut disertai angin sepoi-sepoi yang khas dan menyejukan. Hamparan pasir putih dengan panjang 15 Km memungkinkan kamu memiliki banyak ruang untuk mengerjakan kegiatan seperti bermain pasir atau bermain voli pantai dengan bebas.

Letak pantai yang tidak langsung menjorok laut lepas membuat hembusan angin dan deburan ombak di pantai ini tidak begitu besar hingga pengunjung dapat merasakan pantai dengan banyak aktivitas air seperti berenang, memancing, jetski atau banana boat.

Jika ingin lebih memandangi panorama bawah laut, kamu dapat membayar peralatan snorkling dan merasakan pemandangan bawah laut yang sangat menarik. Disekeliling sekitar pantai Tanjung Lesung kamu tidak perlu bingung kelaparan sebab disediakan rumah makan yang mayoritasnya menawarkan hidangan laut atau sea food. Jika kamu tidak makan sea food, banyak pula rumah yang tidak hanya menjual sea food.

Bila kamu bosan berwisata di pantai kamu dapat berkunjung ke lokasi konservasi terumbu karang yang berada di Karang Gundul, Tanjung Lesung dan Pulau Liungan. Selain itu, kamu dapat menuju ke desa wisata yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai pengrajin patung badak bercula satu.

Kamu pun dapat merasakan minuman khusus atau melihat desa nelayan Cipanon. Kamu pun dapat menuju ke pulau Liwungan dengan memakai speed boat sewaan. Di pulau Liwungan yang katanya cuma dihuni sepasang suami istri ini, kamu dapat menyaksikan pemandangan selat sunda dan pesona gunung anak krakatau.

Untuk menuju ke Tanjung Lesung, kamu dapat melalui jalur yang sama untuk menuju ke pantai Anyer. Lalu, kamu susuri pantai Anyer-Carita lalu melewati arah Labuan dan kamu akan tiba ke Tanjung Lesung. Saat kamu dari Jakarta, kamu dapat mengambil jalan tol Jakarta-Merak dan keluar pintu masuk tol Cilegon Barat untuk selanjutnya mengambil jalur menuju Anyer.

Perjalanan yang kamu lalui dari Jakarta menuju Tanjung Lesung cuma sekitar 160 Km, atau sekitar 1,5 hingga 3 jam/jalanan memakai kendaraan pribadi. Jika kamu mempunyai rencana untuk bermalam, disana di sediakan berbagai tempat beristirahat seperti hotel, villa, resort dan homestay. Tarifnya pun beragam mulai dari Rp 120.000 – Rp 2 juta/malam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.