Wisata Pulau Sangiang Banten

Wisata Pulau Sangiang Banten. Banten mempunyai sejumlah kawasan wisata istimewa yang patut didatangi. Mulai dari wisata sejarah, religi, atraksi kesenian tradisional sampai objek wisata alam. salah satu yang populer dari wisata alam di Banten yaitu pantai dan pulau. Tidak sedikit wisata pantai dan pulau yang begitu populer di Banten. Katakan saja pulau Umang, Handeleum, Peucang yang mempunyai sarana internasional dan keindahan alam yang sangat menawan.

Pantai Tanjung Lesung, pantai Sawarna, pantai Bagedur yang alamnya tetap alami dan asri. Sampai yang paling dekat dari ibukota dan kerap didatangi wisatawan untuk berwisata sekilas umumnya pantai Anyer dan pantai Carita. Dari beberapa banyak wisata pulau dan pantai, ada satu tempat memukau yang lokasinya tak jauh tetapi agak terpencil hingga tidak terlalu banyak wisatawan yang berwisata kesana. Tempat tersebut biasa dinamakan dengan nama pulau Sangiang.

Pulau sangiang ini secara administratif berada di desa Cikoneng kecamatan Anyer kabupaten Serang provinsi Banten. Berlokasi di selat sunda atau sekitar tidak  lebih 10 Km dari pantai Anyer. Pulau Sangiang ini adalah Taman Wisata Laut yang berada di Banten. Beberapa wisatawan yang sudah berwisata kesana banyak sekali yang menjulukinya sebagai Seven Wonders of Banten.

Sebutan Seven Wonders of Banten yang diberi pada pulau Sangiang tidaklah tanpa sebab. Pulau eksotik ini mempromosikan banyak panorama wisata di Banten. Pulau ini mempunyai sejumlah pantai yang indah. Saat berwisata ke pulau ini, kamu dapat menyaksikan beragam macam tanaman khas seperti dadap laut, cemara laut, ketapang bayur, api-api, waru laut, nyamplung dan walikukum.

Selain itu, juga disediakan beragam macam hewan yang dilindungi semacam dara laut, elang laut, belibis, burung camar serta beragam biota laut lainnya juga memiliki daya tarik sendiri khusus untuk pulau Sangiang. Ditambah pulau pantai begitu berpasir putih serta air laut yang bersih dipadu istimewa dengan hijaunya pepohonan yang ada disekeliling pulau ini menobatkannya tambah eksotis dan menakjubkan.

Di pulau ini disediakan beberapa pantai indah seperti Legon Waru dan Tanjung Raden yang disediakan di bagian selatan pulau ini. Di pantai ini anda dapat bersantai di pantai, bermain air serta pasir dengan leluasa. Di pantai ini pula kamu bisa menikmati snorkling dan menyelam memakai alat pernapasan hingga kamu dapat lebih lama merasakan keindahan alam bawah laut pulau ini.

Di Tanjung Raden, kamu dapat menyaksikan panorama beragam hewan laut dengan memakai Glass Bottom Boat. Selain itu, juga ada Pantai Pasir Panjang dan Pantai Batu Mandi yang berada di pesisir selatan dan barat pulau Sangiang ini. Bosan bermain di pantai, ada juga objek wisata gua kelelawar. Yang menuju ke kesana kamu harus melewati hutan yang jarang tersentuh tangan.

Jika ingin menuju ke pulau ini, kamu dapat menempuh waktu tempuh sekitar 2-3,5 jam menuju ke Anyer lalu menyeberang ke pulau Sangiang kearah pantai Manuk yang berada di Anyer. Penyeberangan menuju ke pulau Sangiang sekitar 1 jam. Umumnya banyak jasa travel yang menyewakan perjalanan ke pulau sangiang dengan biaya sekitar Rp 450.000 sampai Rp 600.000/orang belum termasuk harga sewa alat-alat snorkeling.

Leave a Reply

Your email address will not be published.