Ubud

Wisata Ubud Bali merupakan satu dari sekian banyak tujuan yang tidak sama dari beberapa obyek wisata di Bali yang sudah Kalian ketahui. Dari beberapa obyek pantainya yang romantis dan istimewa, Bali memberikan pula kepada Kalian sebuah lokasi dimana ada kedamaian dan ketentraman jiwa bisa Kalian nikmati. Terletak di Kabupaten Gianyar, obyek wisata Ubud Bali tersohor akan histori, seni, dan budayanya yang sangat menarik.

Ubud di Bali pada dasarnya sudah sejak lama diketahui di kalangan pecinta travel, baik dalam negeri maupun luar negeri. Dari sisi administratif, Ubud adalah sebuah kecamatan di Bali yang terdiri dari 13 banjar yang mengurusi 6 desa adat. Topografi wilayah Ubud biasanya dikelilingi sawah dan hutan-hutan yang terhapit oleh sungai dan jurang. Hal inilah yang melengkapi keindahan alam Ubud di Bali, memberikan inspirasi bagi siapa saja yang datang mengunjunginya, dan dibalut keramahan warga setempat yang mengesankan.

Obyek wisata Ubud Bali ini juga merupakan salah satu obyek favorit bagi para seniman. Kalian akan melihat banyak seniman dari Eropa, tak hanya dari kalangan lokal saja. Dari seni lukis, ukir, sampai tari, hal-hal itu merupakan denyut nadi wisata Ubud dan jadi identitas lokasi tersebut yang sebenarnya. Di tempat inilah Kalian bisa menyelami berbagai faktor unik dan unik yang dilestarikan tradisi dan budaya orang-orang Bali. Di Ubud, atraksi Leging, tari Kecak, dan Barong digelar setiap minggu. Disamping itu, ada juga drama tari klasik Mahabrata dan Ramayana, pertunjukan gamelan, juga wayang kulit.

Suatu film Hollywood yang dibintangi oleh aktris legendaris Julia Roberts dan Christin Hakim, judulnya Eat, Pray, Love membuat Ubud Bali menjadi salah satu kawasan shooting film. Itulah bentuk pengakuan dunia kepada ketenaran Ubud sebagai satu dari sekian banyak obyek wisata Bali sangat menarik yang layak Kalian kunjungi. Apabila Kalian berjalan-jalan menjelajah Ubud, ada banyak galeri seni dan pusat kerajinan lokal. Jika Kalian ingin latihan melukis, Ubud tak lain dan tak bukan ialah merupakan salah satu tempat di Bali yang paling dianjurkan. Rasa damai, persahabatan, dan keeksotisan alam ialah sejumlah hal yang tentu Kalian temukan di Ubud.

Lokasi Menarik dari Wisatga Ubud Bali

Ada tidak sedikit lokasi dan aktivitas menarik yang bisa Kalian lakukan ketika mengunjungi obyek wisata Ubud Bali ini. Bagi para penggemar seni, mampir dari galeri ke galeri lainnya tuk menikmati bervariasi karya seniman-seniman lokal ialah hal yang senantiasa dilakukan. Atau, berkunjung ke pentas-pentas seni tuk menyaksikan tarian tradisional Bali. Cara berkelas tuk menikmati kesyahduan di Ubud Bali adalah dengan bermalam selama beberapa hari di sana. Berikut adalah beberapa obyek wisata Ubud yang istimewa tuk dikunjungi.

Pasar Seni Ubud

Tempat ini sesungguhnya adalah pasar tradisional pada umumnya yang lazim Kalian jumpai di sejumlah tempat di Indonesia. Namun, saat waktu beranjak menyebrangi siang bolong, maka Kalian akan mendapatkan banyak seni kerjanian di pasar ini. Pasar Seni Ubud terbangun dari 2 lantai, berada di sentral Ubud, pas ada di depan Puri Agung Ubud alias bangunan peninggalan kantor pemerintahan di masa Kerajaan Ubud zaman dulu.

Di pasar ini, ada beraneka kios produk khas seni Bali, dari pakaian, kerajinan tangan semacam tas, aksesoris, pajangan dinding, dan yang lainnya. Inilah satu dari sekian banyak lokasi membeli oleh-oleh khas Bali yang direkomendasikan. Satu hal menarik, di pasar ini juga Kalian dapat membeli beraneka cinderamata khas Bali dan kerajinan lokal dengan biaya lebih murah daripada tempat lainnya di Pulau Dewata. Jelas saja, Kalian harus memiliki kemampuan tuk menawar harga.

Museum Puri Lukisan

Obyek wisata Ubud Bali dikenal sebagai satu dari sekian banyak pusat karya lukis di Indonesia. Itu sebabnya, berkunjung ke Museum Puri Lukisan di Ubud merupakan satu hal menarik tuk dilakukan. Di museum ini, Kalian bisa menyaksikan beraneka karya seniman lokal yang mengundang kekaguman.

Museum yang didirikan semenjak tahun 1950-an ini mengandung beberapa koleksi terbaik lukisan dari beragam sekolah seni di Bali. Di museum inilah Kalian bisa mengetahui aliran seni di Bali saat awalnya bertransformasi dari yang bercorak tradisional sampai modern yang dipemrakarsai oleh para seniman lukis Ubud.

Puri Agung Ubud

Berada tepat di tengah-tengah Ubud, inilah lokasi yang jadi pusat pemerintahan Kerajaan Ubud di masa lalu. Puri ini merupakan pusat aktivitas seni budaya dan adat yang senantiasa digelar depan puri tersebut. Tata ruangan dan konstruksi puri ini masih seperti asal mulanya.

Kalian bisa menikmati sajian pertunjukan tari di halaman hadapan Puri Agung, pastinya di sebuah area yang dinamakan Ancak Saji. Atraksi tari itu digelar 1 mingu satu kali. Disamping itu, Kalian dapat melihat berbagai kelompok seni musik di Ubud yang latihan setiap hari di wilayah puri ini.

Taman Wanara Wana

Bersumber dari bahasa Sanskerta, Wanara mempunyai arti kera dan Wana artinya hutan. Wisatawan luar negeri mengenalnya dengan julukan Monkey Forest. Inilah hutan kecil yang jadi habitat ratusan spesies monyet atau kera di Ubud sejak ratusan era lalu. Secara umum, binatang kera di tempat ini jinak dan Kalian bisa memberinya makanan apabila suka.

Kearifan lokal mengatakan hutan ini sebagai suatu hutan sakral. Di wilayah hutan ini pun ada 3 pura kuno yang bisa Kalian kunjungi, yaitu Pura Pemanduan Suci, Pura Dalem Padangtegal, dan Nista Mandala. Dan pula, hutan ini merupakan suatu Makam Desa, tempat dimana Kalian bisa menyaksikan secara langsung upacara Ngaben yang jadi ciri khas Pulau Bali. Prosedur lengkap upacara di pura atau bahasalainnya odalan ataupun upacara pembakaran mayat sebutan lainnya ngaben bisa Kalian temui di obyek wisata Ubud Bali yang satu ini.

Wisata Kopi Bali di Ubud

Tempat ini lumayan tersohor di golongan wisatawan. Dikemas kedalam konsep agrowisata, Kalian tak hanya bisa bersantai sembari merasakan kelezatan rasa kopi di saung-saung yang disediakan, tetapi juga bisa melihat proses pengolahan kopi dari pertama.

Kalian akan dibawa jalan-jalan di kebun kopi yang terdapat di sana tuk melihat beraneka jenis tanaman kopi. Disamping itu, Kalian bisa melihat binatang luwak yang membentuk kopi luwak di lokasi agrowisata ini. Tuk mencicipi satu cangkir kopi luwak asli, Kalian hanya perlu memberikan biaya yang tak lebih dari Rp 80.000. Jika Kalian suka, Kalian bisa membeli varian kopi yang ditawarkan di sana tuk dibawa pulang sebagai buah tangan.

Hotel di Kawasan Wisata Ubud Bali

Walau hanya suatu kecamatan yang tersusun dari beberapa desa, Ubud di Bali merupakan sebuah daerah yang berkelas internasional, disediakan fasilitas Penginapan seperti yang ada di hotel di Kuta Bali. Ada tidak sedikit hotel dan resort di Ubud Bali, baik dari kelas berbintang hingga bermacam-macam jenis penginapan murah lain yang beragam, seperti hotel melati dan homestay. Cara terpasti menikmati wisata Ubud ialah dengan tinggal selama beberapa malam di sana. Tinggal di homestay sepertinya akan jadi cara terbaik bagi Kalian yang ingin melebur kedalam kehidupan orang-orang Bali yang sebenarnya.

Tuk memperoleh hotel, kemungkingan besar Kalian harus melakukan booking sebelum hari H tuk mendapat kamar kosong, khususnya di saat hari libur. Kalian dapat mengkontak pihak hotel di sana dan mencari hotel di Ubud dengan cara online.

Rute Menuju Ubud di Bali

Tak sulit tuk pergi ke obyek wisata Ubud Bali ini. Disamping itu, menjelajah keindahan dan keramahan Ubud bisa dilakukan dengan mudah. Sejumlah obyek wisata di Ubud terkonsentrasi kepada sebuah lokasi yang saling dekat.

Jika Kalian dari Jakarta atau Bandung, maka tuk bisa tiba di Ubud hanya harus menempuh perjalanan 40 km dari Bandar udara Internasional Ngurah Rai Bali. Ini cuma akan membutuhkan waktu kira-kira 45 menit sampai 1 jam perjlanan apabila berkendara naik mobil dari bandar udara tersebut melalui Jln. Bypass Ngurah Rai, yang kemudian melintasi Jln. Raya Batu Bulan, dan Jln. Raya Lodtunduh. Disamping via transportasi udara, Kalian bisa menempuh perjalanan ke Ubud Bali ini dari Surabaya dan naik kapal penyeberangan dari Banyuwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.