Pulau Komodo Pesona NTT

Daya tarik wisata Pulau Komodo ada pada hewan komodo, jenis reptil yang dilindungi di Taman Nasional Komodo. Hewan ini sudah mendiami pulau ini kurang lebih 40 juta tahun.

Pada saat ini, satwa langka ini tengah menghadapi masa kepunahan, jumlahnya cuma tinggal sekitar 4 ribu ekor. Karena keistimewaan dan kelangkaannya itu, Taman Nasional Komodo dinobatkan sebagai “World Heritage Site dan Man and Biosphere Reserve” oleh UNESCO Pada tahun 1986.

Taman Nasional Komodo merupakan hamparan 3 pulau utama yang membentuk satu kesatuan bersama dengan 175 pulau kecil lainnya (sekitar 90% tidak berpenduduk) dengan luasnya kawasan taman nasional mencapai 1.817 km persegi. Ketiga pulau ini merupakan Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar. Taman Nasional Komodo ada dalam wilayah administratif Nusa Tenggara Timur.

Di area wisata Pulau Komodo, Kamu bisa melihat makhluk raksasa mirip kadal dengan mempunyai panjang 1-4 m dan bobot mencapai 170 kg, atau 90 kg kala perut kosong. Hewan ini salah satu predator yang sabar. Di alam liar, komodo memburu mangsa yang lemah atau mulai terluka, cukup dengan satu gigitan untuk melumpuhkan mangsanya.

Saat menjelajah tempat wisata Pulau Komodo ini, Kamu akan didampingi “jagawana”, sekaligus berperan sebagai pawang. Tugasnya yaitu memandu travel Kamu melihat-lihat hewan komodo. Jangan lupa untuk membawa kamera, Kamu pastinya ingin mengabadikan momen unik dengan berlatar belakang tempat hidup mahkluk yang unik tersebut.

Tetapi, untuk dapat pergi ke lokasi habibat hewan langka ini di Pulau Komodo, Kamu harus naik turun Gunung Ara lebih dahulu kira-kira 2.5-4 jam. Telah di sediakan jalur pendakian untuk sampai ke sana.

Jika Kamu sampai di Pulau Rinca, maka untuk bisa sampai di habitat hewan komodo, Kamu harus lewat perjalanan selama 1.5 jam. Pesona menarik yang hanya terdapat di Taman Nasional Komodo ialah menjumpai hewan-hewan tersebut tinggal dalam habitat alami mereka di sana.

1. Loh Liang di Pulau Komodo

Pantai Merah, salah satu spot wisata Pulau Komodo yang terkenal

Di pantai ini, kegiatan yang paling kerap dilakukan adalah snorkel, diving, sampai berjemur. Di Loh Liang inilah di sediakan pondok wisata, pusat informasi, cafetaria, dermaga, shelter, dan lainnya yang akan Kamu butuhkan selama menikmati wisata di Pulau Komodo.

2. Loh Buaya di Pulau Rinca

Sebagai tempat yang menciptakan Taman Nasional Komodo, Kamu juga dapat melihat hewan komodo didalam tempat hidup alami mereka. Disamping itu, Kamu bisa melihat biota hewan liar di wisata pulau yang satu ini. Mulai dari rusa timor, kerbau liar, monyet ekor panjang, kuda liar, sampai berbagai jenis burung. Kegiatan menjelajah yakni kegiatan yang paling menarik dikerjakan di Pulau Rinca. Mengabadikan momen-momen menarik di pulau ini merupakan kegiatan yang sangat mengasyikan selama keliling.

Tak jauh beda dengan Loh Liang, di tempat ini juga disediakan beberapa pondok wisata, cafetaria, dan shelter siap membantu Kamu. Dari Pulau Rinca, hanya dalam waktu yang dekat Kamu dapat tiba ke Pulau Kalong untuk menonton kelelawar dalam jumlah yang besar, terlebih saat sore hari sebab hewan ini mulai mencari makan.

3. Pulau Padar

Diving dan snorkel, rutinitas wisata Pulau Komodo yang disukai

Untuk Kamu para penggemar diving dan snorkel, sudah disediakan 42 spot penyelaman yang dapat Kamu pilih di kawasan wisata Komodo ini. Sebagian di antaranya yaitu misalnya, Batu Samsia, yang  dicerminkan menjadi serangkaian saluran air di mana seseorang bisa bergaul dengan segala macam biota laut seperti mackerel, kura-kura, hiu. dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.