Wisata Bengkulu

7 Obyek Wisata Ngetop di Bengkulu

Keunikan obyek wisata Bengkulu bisa Kalian temukan didalam sejumlah pesona alam dan situs sejarah yang mempesona. Bengkulu merupakan suatu provinsi yang beralamat di pesisir barat Pulau Sumatera dan dihadapkan langsung kepada Samudera Indonesia. Kalian bisa berwisata ke Pulau Tikus tuk menikmati ombak keras lautan itu.

Bunga Bangkai atau Rafflesia Arnoldi yang ngetop itu bisa Kalian temukan di Kota Curup, sebuah obyek wisata Bengkulu yang ngetop. Bunga Rafflesia ini merupakan bunga terbesar di dunia dengan luas lingkar tengah 101 cm. Bunga ini perlu 5 sampai 8 bulan tuk tumbuh dan 15 hari pasca itu tuk berbunga. Keunikan dari bunga ini merupakan tak memiliki akar, daun juga batang.

Bengkulu merupakan salah satu lokasi pembuangan beberapa aktivis pejuang kemerdekaan, tergolong juga Bung Karno yang dibuang ke Bengkulu dari tahun 1938 hiungg 1941. Di masa itulah Bung Karno kenal kepada Fatmawati yang akhirnya jadi isterinya. Jika Kalian telah puas mengeksplor berbagai obyek wisata Bengkulu, Kalian bisa menjajal sejumlah kuliner Bengkulu yang ngetop, seperti gulai tempoyak, pendap, dan bagar kambing.

Wisata Bengkulu

Dihimpun dari beraneka sumber, berikut adalah 7 obyek wisata Bengkulu yang sangat ngetop. Sejumlah diantaranya merupakan wisata alam yang menawan dan peninggalan bersejarah yang spektakuler.

Pantai Panjang

Garis pantai yang amat panjang sejauh kira-kira 6 km tak lain dan tak bukan ialah merupakan keunikan yang dikandung obyek wisata Bengkulu ini. Pantai Panjang terletak di lokasi strategis pariwisata Bengkulu, suatu lokasi yang lengkap dengan sarana publik dan fasilitas yang komplit. Dari pusat kota, Kalian hanya membutuhkan waktu kira-kira 16 menit tuk bisa sampai di Pantai Panjang ini, atau memiliki jarak 3 km.

Obyek wisata Bengkulu yang satu ini mempunyai banyak fasilitas, dari homestay, cafe, sentral perbelanjaan, sarana bermain anak, sampai fasilitas olahraga. Tak ayal, Pantai Panjang ialah salah satu daya pikatnya wisata Bengkulu yang ngetop. Bagi warga lokal, pantai ini adalah salah satu sentral terapi dengan jogging pagi atau sore hari di jalurnya.

Pohon pinus dan pohon cemara yang ada di pinggiran bibir pantai adalah pesona lain yang menyempurnakan keindahan panorama sunset di lokasi pantai. Pantai Panjang mempunyai pasir putih yang mulus sehingga saat Kalian berjalan maka pasirnya takkan mengotori kaki. Berolahraga di pantai ini adalah aktivitas yang tepat karena di pinggiran pantai tersedia jalur jogging.

Yang hobi volly pantai bisa bermain di lapangan yang terdapat di atas pasir-pasir alami, pecinta surfing pun terdapat spot sendiri tuk menaklukan ombak bersama dengan papan selancarnya. Jika Kalian ingin sesuatu yang lain, Kalian bisa mencoba menikmati kuliner laut di lokasi pantai ini. Ada banyak sekali cafe hingga tempat makan yang mudah Kalian temukan.

Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu

Bung Karno menempati rumah ini di tahun 1938 sampai 1942. Di Bengkulu pun Sang Proklamator berjumpa dengan Fatmawati, gadis asli Bengkulu yang akhirnya jadi istrinya bersamaan dengan sang penjahit Bendera Sang Saka ketika pembacaan Proklamasi 17 Agustus 1945. Obyek wisata Bengkulu ini menjadi wadah benda-benda warisan Bung Karno yang mempunyai nilai sejarah dan menemani Bapak Proklamator didalam menyusun strategi-strategi perjuangan sewaktu di pengasingan. Ada sepeda ontel emas (kesayangan) Bung Karno, koleksi buku-buku, hingga surat cinta Bung Karno bagi Ibu Fatmawati.

Di awalnya, rumah ini merupakan milik pebisnis Tionghoa memiliki nama Tan Eng Cian yang berprofesi sebagai penyuplai sembako tuk Pemerintahan Belanda. Kemudian, Belanda menyewa rumahnya tuk menempatkan Bung Karno selama dibuang ke Bengkulu. Untuk bisa masuk, Kalian harus membayar karcis masuk Rumah Pengasingan in seharga Rp 5.000 per orang.

Benteng Marlborough

Inilah benteng perlindungan kekuasaan Inggris di lokasi pantai barat Sumatera dan bersamaan untuk mempertahankan Bengkulu menjadi daerah monopoli perdagangan. Benteng Marlborough didirikan oleh EIC atau singkatan dari East India Company tahun 1713 sampai 1719 saat masa Gubernur Joseph Callet. Benteng ini disebut sebagai benteng terkuat ke-2 punya Inggris di sekitar timur.

Obyek wisata Bengkulu ini merupakan wisata sejarah yang unik, Kalian bisa menyaksikan sebuah benteng yang berdiri tegak di lahan dengan luas 44.000 m2 sepanjang 241 m dan lebarnya 171 m, mengarah ke selatan dan membelakangi lempeng Samudera Hindia. Format arsitektur bangunan Benteng Marlborough ini persis seperti kura-kura, ada jembatan yang mengkoneksikan bagian kepala dan badan, suatu jembatan di atas parit yang membangun ekor dan jembatan yang mengkoneksikan jalan masuk dari bagian luar.

Pantai Tapak Paderi

Pantai ini terkoneksi dengan Pantai Jakat dan Pantai Panjang di Bengkulu, salah satu pantai yang pada mulanya ialah pusat pelabuhan laut kesatu di Bengkulu juga menjadi penopang transporasi laut pemerintahan Inggris di Bengkulu saat zaman itu yang memiliki jarak 100 m dari Benteng Marlborough.

Sunset yang sangat indah merupakan pesona yang dapat Kalian temukan di obyek wisata Bengkulu yang satu ini. Dari atas Tapak Paderi, Kalian bisa menyaksikan keindahan laut Bengkulu. jalan kaki di sekeliling pantai atau melahap jagung bakar di pantai ini adalah aktivitas menarik yang bisa Kalian nikmati. Obyek wisata Bengkulu yang satu ini punya garis pantai yang luas dan menawan, tak mengherankan bila Pantai Tapak Paderi ini menarik dengan kedatangan orang.

Kota Curup

Kota Curup merupakan ibukota Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu. Itulah tempat yang jadi kediaman dari Bunga bangkai yang ngetop. Suhu dingin menduduki hingga 18 derajat celcius di pagi hari merupakan karakteristik dari Kota Curup. Topografis di Kabupaten Rejang Lebong merupakan sebuah daerah yang ada di atas gunung dari Bukit Barisan dengan tinggi 100 m sampai 1.000 mdpl. Kebun-kebun masih diselimuti kabut hingga sayur dan buah yang ditanam berbidang-bidang tampak samar.

Dari kota ini, Kalian bisa pergi ke Bukit Kaba, mendaki hingga sampai ke puncak untuk melihat pemandangan alam yang memukau di sana. Atau, meresapi wisata di Danau Mas Harun Bastari. Bila Kalian ingin mandi air panas di kota ini, berkunjunglah ke Suban Air Panas, sebuah kawasan pemandian air hangat di Bengkulu dengan sumber air dari gunung yang langsung menuju ke kolam-kolam. Kota Curup merupakan obyek wisata Bengkulu dengan karakteristik daerahnya yang unik.

Danau Dendam Tak Sudah

Danau ini berada di Kota Curup, Bengkulu Utara, tak jauh dari sentral Kota Bengkulu dengan jarak hanya 7 km. Danau yang dihiasi bukit-bukit hijau ini adalah kawasan cagar alam yang mengandung banyak potensi keseimbangan ekosistem dan ekologi.

Lokasi hijau yang udaranya sejuk, panorama yang menakjubkan di lokasi danau di saat pagi hari, juga kekayaan flora dan fauna di lokasi Danau Dendam Tak Sudah merupakan sejumlah hal yang dimiliki obyek wisata Bengkulu ini. Menaiki rakit tuk mengelilingi danau merupakan salah satu aktivitas menarik yang musti Kalian lakukan. Bila Kalian memiliki hobi memancing, lokasi ini merupakan salah satu yang cocok untuk Kalian.

Danau Mas Harun Bastari

Danau Mas Harun Bestari berada di Kecamatan Selupu Rejang, memiliki jarak 17 km dari sentral Kota Curup dan ada di tepi jalan raya diantara Curup – Lubuk Linggau. Tempatnya yang dekat dengan Bukit Kaba menjadikan daerah ini menjadi salah satu pilihan obyek wisata yang unik.

Danau Mas Harus Bastari merupakan salah satu obyek wisata yang disukai keluarga. Ada banyak permainan-permainan bagi anak-anak sampai dewasa. Sepeda air bisa dimanfaatkan tuk berkeliling danau. Anak-anak biasanya suka main komedi putar dan kursi ayun. Obyek wisata Danau Mas Harun Bastari mempunyai luas 36 ha, bukit di sekelilingnya ditanami sayuran segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.