Wisata Magelang

6 Obyek Favorit Wisata Magelang

Obyek wisata di Magelang yang sangat terkenal ialah Candi Borobudur, suatu landmark sangat mengagumkan yang hadir dari abad kesembilan dan jadi warisan dunia yang amat berharga. Topografi daerah Magelang yang dihiasi gunung-gunung menghadirkan daya tarik alam yang memukau dari sejumlah lokasi menarik di Magelang.

Katakan saja Taman Kyai Langgeng yang berada di Jln. Cempaka, obyek wisata Magelang ini ialah satu dari beberapa tujuan yang favorit tidak cuma Alun-Alun Kota Magelang menjadi ruang publik yang memadai untuk dikunjungi. Magelang merupakan kota di Jateng dengan udara dingin. Infrastruktur Pariwisata yang makin baik juga fasilitas dan fasilitas publik yang bermacam-macam menjadikan travel wisata di Magelang pasti semakin menarik.

Wisata Magelang

Bila Kalian sedang dalam travel wisata di Jogja, maka berkunjung ke Magelang merupakan salah satu tujuan yang tepat. Memiliki jarak 45 km dari Jogja, travel ke Magelang bisa ditempuh dalam waktu yang tak lama. Sesampai di sana, Kalian bisa menikmati beraneka aktivitas wisata menarik di Magelang.

Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan sebuah situs peninggalan yang cukup unik dengan keelokan panorama menawan, struktur bangunan mengagumkan, juga nilai seni yang berkelas. Obyek wisata di Magelang ini merupakan satu dari sekian banyak landmark paling oke di kancah internasional, dinobatkan sebagai “World Heritage Sites” atau Situs Warisan Duniaoleh UNESCO, dan jadi obyek wisata di Indonesia yang ngetop. Candi Borobudur ini gampang dijangkau, baik dengan angkutan kecil ataupun besar. Tak hanya Borobudur, tak jauh dari sana juga ada Candi Prambanan di Jogja yang terkenal.

Ukiran, relief, dan patung yang terdapat didalam Candi Borobudur mengkisahkan mengenai sejarah berhubungan kepercayaan religius di era itu. Sebagai suatu bangunan yang besar, Candi Borobudur jadi amat mengagumkan di hati para wisatawan. Suatu karya kebudayaan manusia di masa lalu yang bahkan belum familiar dengan teknologi tinggi, tetapi berdiri dengan mewah dan kokohnya sampai sekarang ini.

Obyek wisata Magelang yang satu ini merupakan candi Buddha paling besar di abad ke-9. Candi Borobudur mempunyai kira-kira 504 stupa dan 1460 patung Budha di kompleknya. Candi mempesona ini di bangun oleh Raja Samaratungga, salah satu raja dari kerajaan Mataram Kuno, beretnis Wangsa Syailendra. Tuk bisa masuk, Kalian harus bayar karcis masuk Candi Borobudur seharga Rp 30.000 untuk dewasa, dan anak-anak seharga Rp 12.500. Untuk karcis masuk wisatawan luar negeri adalah sebesar US$ 20 untuk dewasa dan US$ 10 untuk anak-anak.

Ketep Pass

Berada di Desa Ketep, dan ada di lintas Solo Selo Borobudur atau SSB, Ketep Pass ialah sebuah obyek wisata di Magelang yang digemari banyak wisatawan. Obyek wisata Magelang ini menyajikan Kalian panorama gunung yang sangat indah dan tidak kalah juga hamparan pertaniannya yang unik.

Dari Ketep Pass, Kalian bahkan bisa secara langsung melihat luncuran awan panas gunung Merapi. Ketep Pass mempunyai beberapa fasilitas wisata, diantaranya Bioskop Mini, Museum Vulkanologi, Teropong, Pelataran Panca Arga, dan Gardu Pandang. Lokasi paling populer dikalangan para wisatawan ialah Gardu Pandang. Disediakan 2 buah teropong, tiap-tiap di Gardu Pandang dan Pelataran Panca Arga. Kalian harus bayar Rp 3.000 tuk dapat memakainya. Jika ingin masuk dan menyaksikan koleksi di museum atau bioskop yang berada di Ketep Pass, Kalian harus membayar Rp 7.000 per orang.

Dari Pelataran Panca Arga, Kalian bahkan bisa menyaksikan 5 gunung sekaligus, yaitu Merapi, Sindoro, Slamet, Merbabu, dan Sumbing. Tuk bisa masuk, Kalian harus membayar karcis masuk Ketep Pass di Magelang seharga Rp 8.000 per orang. Tetapi, karcis ini tidak termasuk tarif parkir bila Kalian membawa alat transportasi.

Taman Kyai Langgeng

Taman dengan luas 28 ha ini merupakan sebuah obyek wisata di Magelang dengan bermacam-macam jenis koleksi tanaman langka, patung dinosaurus didalam ukuran asli, bentuk dasar pesawat terbang, sampai beraneka wahana permainan. Udara fresh dengan pohon-pohon hijau menjadikan taman ini disukai menjadi satu dari sekian banyak destinasi wisata keluarga di Magelang dan menjadi favorit.

Beralamat kira-kira 1 km ke arah selatan dari pusat kota Magelang, Taman Kyai Langgeng merupakan juga lokasi bermain anak di Magelang dengan wahana jetcoster, kolam renang, dan sebagainya. Tak hanya itu, obyek wisata Magelang ini juga diminati kalangan anak muda lantaran disediakan berbagai suguhan menarik di sana, semacam atraksi kesenian daerah dan musik. Disamping tempat makan tuk melahap sosis panggang dan burger, juga disediakan perpustakaan di Taman Kyai Langgeng. Pas di samping taman, ada sarana Arung Jeram Progo Asri.

Alun-Alun Kota Magelang

Inilah landmark Magelang yang jadi kebanggaan warga di sana. Patung Pangeran Diponegoro yang tengah naik kuda dengan perkasa seolah olah menyambut kunjungan Kalian ke salah satu obyek wisata di Magelang tersebut. Alun-Alun Kota Magelang merupakan sebuah kawasan populer, jadi lokasi rekreasi yang tepat bagi Kalian yang ingin menikmati kuliner Magelang sampai mencoba wisata belanja yang terdapat di sekeliling kawasan alun-alun. Kalian bisa membeli sejumlah oleh-oleh khas Magelang dari beberapa gerai perbelanjaan yang beroperasional di sana.

Di obyek wisata Magelang ini, Kalian bisa bersantai dengan senang, berfoto dengan 1 atau 2 background yang istimewa di sana, mencoba kuliner lokal, sampai berbelanja. Pemerintah Kota Magelang sudah menyiapkan alun-alun ini menjadi ruang publik yang menarik.

Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang merupakan obyek wisata di Magelang yang memiliki jarak hampir 4 km dari Gardu Pandang Ketep Pass. Berada diantara gunung Merbabu dan gunung Merapi, air terjun ini memiliki tinggi mencapai 40 m, memiliki air yang lumayan dingin dan aliran cukup deras.

Kalian bisa masuk dengan membeli karcis masuk Air Terjun Kedung Kayang seharga Rp 5.000 per orang. Dari lokasi Kalian memarkir kendaraan, kemudian tinggal jalan kaki tuk bisa tiba di obyek wisata Magelang ini. Usai berjalan melalui turunan dan menyusuri sungai kira-kira 25 menit, Kalian akan tiba di air terjun yang eksotis ini. Sajian bukit hijau dan panorama sungai alami yang berair jernih cukup menyenangkan, tidak lupa juga untuk main air di bawah air terjun.

Rafting di Sungai Progo Atas

Inilah aktivitas arung jeram yang amat menarik di Magelang. Sungai Progo Atas berada di Kompleks Griya Tok Songo, Kota Magelang. Sungai Progo atas memiliki aliran sungai dengan panjang 12 kilometer, durasi waktu selama melaksanakan arung jeram di sungai ini ialah kira-kira 2 jam sampai 3 jam.

Arung jeram sungai Progo dibagi atas sejumlah rute, yakni arung jeram sungai Progo Atas, arung jeram sungai Progo Hulu, dan arung jeram Sungai Progo Bawah. Sungai Progo Atas dan Sungai Progo Hulu terletak di wilayah Magelang, sedangkan Sungai Progo Bawah terletak di kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Bagi Kalian yang suka dengan olahraga air, Kalian bisa mencoba aliran Sungai Progo ini dan menaklukkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.