Wisata Jogja

5 Lokasi Menarik Wisata Kaliurang

Obyek wisata Kaliurang menyajikan Kalian akan sebuah keelokan alam yang memikat di kaki Gunung Merapi Yogyakarta. Inilah satu dari sekian banyak pesona dari beberapa obyek wisata di Jogja yang tersohor dikalangan pecinta travel. Dari sisi administratif, Kaliurang tempatnya berada di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Jogjakarta. Daerah ini terletak di ketinggian 900 mdpl di arah selatan Gunung Merapi dan memiliki jarak 24 km dari sentral kota Yogyakarta. Kontur wilayah yang ada di dataran tinggi menjadikan suhu udara di Kaliurang sangat sejuk dengan rata-rata suhu diantara 24 derajat hingga 20 derajat Celcius.

Perjalanan menuju ke obyek wisata Kaliurang memberi Kalian suguhan panorama yang spektakuler, dengan gunung mencuat tinggi, bentangan alam hijau di sisi kanan dan kiri jalanan, serta udara yang sangat segar. Ditambah lagi aneka taman bermain di Kaliurang dan rekreasi perjalanan alam yang mengasyikan. Inilah sebabnya kenapa Kaliurang jadi satu dari sekian banyak obyek wisata keluarga yang digemari di Jogja, keputusan tepat bagi wisata anak-anak Kalian di alam terbuka.

Kepopuleran obyek wisata Jogja satu ini sudah ada sejak masa Voc ada di Indonesia. Di zaman itu, Kaliurang merupakan salah satu lokasi tujuan peristirahatan para meneer Belanda. Di zaman sekarang, infrastruktur dan fasilitas publik di lokasi Kaliurang terawat sedemikian baik dan makin lengkap juga menjadi salah satu obyek wisata andalan Sleman di Yogyakarta.

Jadah dan Tempe Kaliurang

Di obyek wisata Kaliurang, terdapat banyak area wisata kuliner. Tuk urusan yang satu ini, Kalian tak perlu khawatir kelaparan. Pasti sangat tepat bila Kalian pun turut mencoba banyak kuliner khas Kaliurang, satu diantaranya ialah sate kelinci.

Oleh-oleh khas Kaliurang yang sangat sering dibeli pengunjung yang berekreasi ke sana ialah jadah dan tempe bacem. Jadah ini merupakan makanan tradisional yang dibuat dari beras ketan. Sedangkan tempe bacem ialah tempe yang dimasak dengan gula merah sebagai bumbu utama.

Jika Kalian bersama keluarga ataupun berkunjung secara rombongan wisata ke Kaliurang, jangan lewatkan tuk naik kereta unik, warga setempat menamainya Kereta Kelinci. Kereta itu akan menghantarkan Kalian dan rombongan mengitari lokasi Kaliurang. Kalian bisa mendapatkan Kereta Kelinci ini di terminal Kaliurang.

Kereta Kelinci di Kaliurang

Tuk satu kali putaran, jurusan yang pasti dilewati ialah terminal Kaliurang – Taman Bermain – Wisma Kaliurang – Taman Wisata Plawangan Turgo dan beberapa lokasi lainnya. Perkara harga, tidak perlu khawatir karena ongkosnya sangat murah. Kalian hanya harus mengeluarkan uang Rp 3.000 per orang tuk bisa menikmati perjalanan naik Kereta Kelinci ini.

Tak hanya Kereta Kelinci, Kalian bisa sewa mobil Land Rover yang pasti membawa Kalian berpetualang menjelajah Kaliurang, dari area terjangan lahar Merapi sampai ziarah ke makam Mbah Marijan. Disediakan beberapa pilihan rute yang diinginkan dan satu mobil bisa berkapasitas sampai 7 orang.

Bagi Kalian yang menyukai berkemah, di Kaliurang pun ada bumi perkemahan yang bisa Kalian gunakan. Lazimnya, bumi perkemahan ini digunakan bagi acara kemah orang Pramuka. Tetapi, tempat ini pun sangat terbuka untuk siapapun yang hobby kemah di Kaliurang.

Obyek wisata Kaliurang pun memiliki 1 atau 2 tempat peribadatan bagi Kalian, dari masjid sampai gereja bisa Kalian temukan di Kaliurang. Salah satu lokasi menarik dan selalu menjadi wisata religi para wisatawan ialah Bukit Doa Emalta. Itulah area dimana wisatawan yang memeluk agama Nasrani berkunjung dan berdoa di tempat itu.

Jika Kalian masih ingat pelajaran sejarah, maka di Kaliurang itu pula sempat terjadi suatu peristiwa, yaitu perundingan khusus antara Indonesia bersama Komisi 3 Negara di tanggal 13 Januari tahun 1948 yang menciptakan sebuah notulen yang dianggap dengan Notulen Kaliurang. Bangunan yang jadi lokasi perundingan itu terkenal dengan sebutan Wisma Kaliurang.

Terdapat beberapa tempat menarik di Kaliurang yang bisa kalian kunjungi, diantaranya sebagai berikut:

Tlogo Putri

Berada di kaki bukit Plawangan Turgo, Tlogo Putri merupakan perpaduan wisata alam dan air yang digemari banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke Kaliurang. Pesona wisata Kaliurang satu ini ada pada alamnya yang damai, sejuk, segar. Sebuah danau atau tlogo kecil ialah lokasi Kalian dan anak-anak bisa naik kano ataupun becak air.

Di sana, Kalian bisa bermain flying fox bila suka, atau cuma sekedar berfoto-foto dan meresapi panorama alam sekitar. Untuk bisa masuk, Kalian hanya akan dikenai harga karcis masuk Tlogo Putri sebesar Rp 5.000 per orang, tidak termasuk tarif parkir kendaraan.

Gardu Pandang

Inilah pos pengamatan Gunung Merapi dan sekarang ini jadi satu dari sekian banyak lokasi menarik di Kaliurang. Di Gardu Pandang, Kalian bisa melihat Gunung Merapi dengan nyata walaupun ada kalanya gunung itu akan ditutup awan dan hal ini pada umumnya berlangsung kala sore hari. Letaknya ada di pinggir kali Boyong, dari Gardu Pandang ini Kalian bisa memandangi pemandangan alam wilayah Kaliurang yang sangat asri. Memang, Gardu Pandang di Kaliurang ini tidak sebesar yang terdapat di Ketep Pass Magelang.

Museum Vulkanik Merapi

Inilah satu dari beberapa lokasi terbaik di Kaliurang tuk mendapatkan beragam hal informasi yang bersinggungan dengan letusan Gunung Merapi. Di museum ini Kalian bisa mengetahui asal mula tahap-tahap terjadinya letusan sampai letusan terjadi.

Tak hanya itu, Kalian bisa mengetahui banyak hal mengenai mitos yang bersinggungan dengan Gunung Merapi itu.  Museum Vulkanik Merapi ini berada di Jl. Boyong Harjobinangun, Sleman.

Goa Jepang

Inilah goa di Kaliurang warisan tentara Jepang yang saat masa itu menjadikan goa ini menjadi sarana berlindung dari terjangan sekutu juga menjadi pemukiman sementara mereka. Pesona unik goa ini ialah ada 25 pintu goa yang silih terhubung satu dengan lain dan masih dalam keadaan yang orisinil.

Kalian harus menikmati tracking kira-kira 45 menit lamanya tuk bisa tiba di goa ini. Satu hal lagi, Kalian bisa menyaksikan panorama indah Gunung Merapi berdekatan saat melakukan travel ke Nirmolo Kaliurang.

Taman Wisata Plawangan Turgo

Satu lagi sajian panorama alam yang sangat indah, Kalian bisa pergi ke Taman Wisata Plawangan Turgo. Hal ini jelas akan amat menyenangkan bagi Kalian yang suka dengan olahraga lintas alam. Lokasi wisata Kaliurang ini memiliki hutan tropis yang tersusun rapih serta ada bebatuan hasil letusan dari Merapi, gunung berapi yang sudah berumur mencapai 40.000 tahun.

Dari tempat ini juga Kalian dapat menikmati area atau kawasan yang sudah diterpa awan panas Merapi di bulan November 1994 lalu. Juga, Kalian dapat menikmati kawanan monyet yang pula hidup di taman ini.

Hotel dekat Kaliurang

Adanya hotel dan bermacam-macam jenis penginapan di Kaliurang disediakan dalam jumlah yang tidak sedikit. Kalian tidak perlu khawatir tuk menginap sewaktu kunjungan wisata Kaliurang Kalian. Dari hotel bintang hingga homestay, villa bisa Kalian temukan dengan mudah.

Kalian boleh menghubungi petugas hotel di sana ataupun mencari hotel di dekat Kaliurang dengan cara online.

Transportasi ke Kaliurang

Travel menuju obyek wisata Kaliurang sangat mudah. Kondisi infrastruktur lokal yang bagus memungkinkan Kalian untuk tiba di Kaliurang dengan pesat. Pilihan alat transportasi darat pun tersedia kedalam berbagai kendaraan yang diminati. Memiliki jarak sekitar 27 km dari sentral kota Yogyakarta, Kalian bisa naik kendaraan pribadi atau menikmati perjalanan ke Kaliurang dengan kendaraan umum. Biasanya, durasi perjalanan akan membutuhkan waktu 1 jam tuk bisa tiba di obyek wisata Kaliurang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.